Tuesday 21 July 2020

# #Kmc #Organisasi

5 Tips Simpel Aktif Berorganisasi Tanpa Mengganggu Rutinitas, Wajib Contoh!

Aktif berorganisasi tanpa menggangu rutinitas merupakan keinginan bagi setiap pelajar atau mahasiswa.

Setiap mahasiswa memiliki segudang prestasi , namun demikian keinginan berorganisasi selalu menjadi halangan. Aktif berorganisasi tanpa mengganggu rutinitas merupakan keinginan setiap mahasiswa atau pelajar. Organisasi merupakan rumah kedua bagi mereka yang suka dengan rapat beserta event event Akbar yang diselenggarakan.

Aktif berorganisasi tanpa menganggu rutinitas termasuk hal yang mustahil dikarenakan kebanyakan dari kamu menganggap sulit untuk membagi waktu antara aktifitas yang lain dengan organisasi ataupun komunitas. 

Ini dia 5 tips simpel aktif berorganisasi tanpa mengganggu rutinitas!
1. Prioritas 
Salah satu tips aktif berorganisasi tanpa mengganggu rutinitas adalah prioritas. Prioritas adalah satu hal yang terpenting dalam menjalani setiap kegiatan terutama kamu yang memiliki segudang kegiatan. Mahasiswa yang sukses dalam menjalani kuliah dan organisasi secara bersamaan ialah mahasiswa yang mampu memberikan prioritas terhadap agenda yang akan ia lakukan terlebih dahulu.Jangan lupa buatlah perencanaan untuk melakukan deretan kegiatan yang kamu miliki, seperti jika kamu memiliki tugas kuliah dan waktu rapat organisasi secara bersamaan kamu harus mengerjakan tugas kuliah dahulu terlebih dosen kamu tidak menerima keterlambatan.

2. Totalitas Diri
Dalam kuliah atau organisasi kamu harus memiliki totalitas diri yang baik sehingga kamu dapat menjalankan semuanya dengan sesuai standar yang kamu inginkan.  Jika kamu sedang melakukan rapat organisasi maka totalitaskan diri kamu dalam organisasi maupun sebaliknya.

3. Berpikir Positif 
Berpikir positif merupakan salah satu hal yang terpenting dalam melakukan kegiatan apa pun. Apakah kamu tahu dampak memikirkan sesuatu secara positif ? Kamu dapat merasakan hal yang lebih nyaman dan tidak mengganggu kegiatan kamu yang lain.
Secara logika, memiliki pemikiran yang positif akan membuat  diri semakin percaya diri dalam melakukan kegiatan apapun. 

4.Manajemen Waktu yang Baik 
Jika apa yang sudah kamu rencanakan tidak dapat berjalan dengan sesuaai keinginan itu berarti kamu tidak bisa memanajemen waktu yang kamu miliki sebaik mungkin. Selalu biasakan diri untuk membuat catatan kecil daftar agenda kamu terlebih kamu yang suka berorganisasi namun tidak dapat membagi waktu. Dengan adanya daftar agenda yang telah kamu buat setiap harinya maka kamu akan memiliki jadwal yang jelas.

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa me-manage waktu antara kegiatan dirumah, belajar serta organisasi adalah hal wajib yang harus dilakukan. Namun kebanyakan setiap kita melupakan satu hal terkecil itu dan masih belum mampu untuk membagi waktu untuk kegiatan organisasi maka dari itu banyak mahasiswa yang aktif berorganisasi namun jelek dalam nilai akademik.

5. Berikan Batasan Waktu
Setiap mahasiswa akan menjalani tugas akhir atau yang sering disebut dengan skripsi. Saat seperti inilah kamu harus mengorbankan segala kegiatan organisasi yang telah kamu ikuti. Jika kamu menerapkan hal ini maka kamu akan meraih kesuksesan baik dalam segi akademik maupun organisasi. 
Memberikan batasan waktu pada organisasi akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih bijak. Namun yang perlu diingat, gunakanlah waktu sebaik mungkin agar waktu yang kamu sisihkan tidak terbuang sia-sia. Seperti kamu telah menyisihkan waktu kosong organisasi  kamu untuk mengerjakan pekerjaan kampus tetapi kamu menggunakanny a untuk berkumpul dan jalan-jalan bersama teman-temanmu.

Bagaimana dengan 5 tips simpel aktif berorganisasi tanpa menggangu rutinitas sudah terbilang simpel bukan? Nah kali ini coba praktekkan ke dalam diri kamu agar waktu yang kamu lakukan lebih bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Follow Us @riiniekha