Tuesday 11 February 2020

# KMC

3 Festival Unik Di Negara Malaysia,Nomor 3 Menakjubkan!


3 Festival Unik Di Negara Malaysia



Selain keindahan arsitekturnya, ada juga lho festival unik di negara malaysia yang wajib kamu kunjungi!


Tidak ada habisnya dengan Pesona alam yang dimiliki negara malaysia, selain arsitektur yang menjulang ke langit, tower kembar yang memikat wisatwan. Festival unik yang ada di Malaysia sangat banyak lho namun ada 3 festival unik yang akan bikin kamu penasaran, yuk simak!

3 Festival Unik di Negara Malaysia

1. Festival Thaipusham, Festival unik di Malaysia saat Hari Thaipusham
Sumber:Kumparan.com

Ada yang tidak tahu dengan prosesi thaipusham yang dilakukan di Negara Malaysia sudah mendunia? Prosesi thaiphusam dilakukan oleh Suku Hindhu Tamil di Malaysia. Prosesi Thaipusham sangat terpopuler di dunia dan kedatangannya dinantikan setiap tahun Festival thaipusham dilakukan untuk membersihkan diri dari dosa dan pelanggaran yang telah dilakukan bahkan di dalam Festival Theipusham hidung dan badan mereka juga ditusuk oleh besi.

Di dalam Festival Thaipusham ini ada beberapa ritual yang dilakukan umat Hindhu dalam memperingatinya  yaitu ritual mandi susu dan pemujaan makanan. Ritual mandi susu ini dilakukan untuk memandikan Dewa Muruga dengan susu Umat Hindhu melakukan proses ritual ini di laksanakan dengan  membawa susu dan wadah Ritual ini dipercaya untuk diberikan kehidupan yang lebih baik.

Festival unik di Negara Malaysia ini  baru saja di gelar pada tanggal 8 februari 2020 di Goa Batu. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Negara Malaysia jangan ketinggalan ya untuk menyaksikan Festival Thaipusham yang di lakukan saat Hari Thaipusham.

2. Festival Topeng Di Malaysia
Sumber :National Geograpic

Satu lagi festival unik di Negara Malaysia yaitu adanya suku unik saat diselenggarakan festival topeng. Kostum dan warna yang berbeda dengan peserta lainnya membuat parawisatawan penasaran.menggunakan kostum bewarna coklat terbuat dari anyaman-anyaman daun muda dan topeng yang digunakan memiliki bentuk seperti wajah manusia yang terkenal dengan keunikan suku tersbut.

Suku yang sudah popular ini dikenal dengan orang asli Carey Island, Orang Asli Carey Island di sebut dengan Etnik yang terkenal sudah lama di Malaysia. Orang Asli Carey island bukan warga Negara melayu lho tetapi keberadaan mereka sudah lama ada dan masih ada 5000 - 6000 yang hidup dan mereka terdaftar sebagai warga Negara Malaysia.

Festival topeng dilakukan berawal dari masyarakat Malaysia terinspirasi dari festival yang dilakukan oleh Negara italia Festival Unik  di Negara  Malaysia sudah ada sejak tahun 2015 hingga sekarang bahkan festival topeng ini sudah dijadikan festival topeng international yang setiap tahunnya dilaksanakan di pelataran kolam Esplanade KLCC Park Malaysia.

3. Pengantin di larang pipis selama 3 hari , Festival Pernikahan Unik 
Sumber: Detik travel

Selain 2 festival unik di Negara Malaysia ada yang paling popular dan terbilang aneh karena pada umumnya pengantin setelah melakukan prosesi pernikahan akan berbulan madu namun berbeda dengan Negara Malaysia ini, setelah prosesi pernikahan dilakukan pengantin dilarang pipis selama 3 hari Keunikan ini berada di pulau tidong Malaysia. Pengantin dilarang pipis selama 3 hari penuh menurut kepercayaan terdahulu pengantin diberikan kebahagian dan melahirkan keturunan yang sehat Dan tradisi ini masih dipercaya dan dilakukan sampai sekarang loh,cukup ekstrime dan menyakitkan?  tentu ritual ini terbilang ekstrime.

Pengantin baru di larang pipis dan memasuki toilet ini benar benar di jaga ketat oleh pihak keluarga.  Bagaimana  cara nya pengantin bisa menahan pipis dan tidak pergi ke toilet selama 3 hari? pengantin di beri tahu bahwa jika pengantin baru berhasil melakukan ritual ini maka pengantin diberikan anak-anak yang sehat bahkan sebaliknya jika pengantin melanggar ritual ini pengantin bisa dikatakan mandul lho dan pengantin baru di berikan makanan yang tidak mengandung air serta keluarga memastikan pengantin tidak minum air terlalu banyak.

Bagi kamu yang penasaran dengan Festival unik di Negara Malaysia dan ekstrime ini bisa berkunjung dan berwisata ke pulau tidong Malaysia untuk menyaksikan festival tersebut.

Kamu Ingin melihat Festival Unik di Negara Malaysia secara langsung?
 
 


No comments:

Post a Comment

Follow Us @riiniekha